Ikan Koi – travelBlog
Menu Home

Ikan Koi

Ikan ini merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan indah untuk dipandang. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, koi merupakan simbol persahabatan dan simbol cinta. Tak heran jika ikan koi juga dibedakan berdasarkan pola, bentuk tubuh dan corak warna yang dimilikinya. Menurut mitos yang berkembang koi juga di sebut sebagai ikan pembawa berkah atau hoky bagi anda yang memeliharannya.

baca juga tentang budidaya ikan lele

Ikan koi termasuk jenis ikan yang mudah di pelihara. untuk pakannya juga mudah, untuk mari kita pelajari bagaimana cara merawat ikan koi dengan baik dan benar.

Cara merawat koi memang gampang gampang sulit, maksudnya bila kita sebagai pemula yang merawat koi pastilah kita bingung karena banyak koi yang mati dan tidak banyak juga koi yang kita pelihara mati semua karena kita masukkan koi baru ke kolam kita. Nah berikut ini saya akan berikan tips merawat ikan koi dan karantina koi baru supaya tidak membuat mati koi lama. Koi adalah jenis ikan kolam yang mempunyai banyak varian atau jenis, seperti koi sowa, koi kohaku, koi asagi dan masih banyak macam jenis koi. namun untuk merawat koi haruslah diperlukan perawatan koi yang benar-benar ekstra. Karena koi merupakan salah satu jenis ikan kolam yang sangat sulit pemeliharaannya karena kita harus tahu dan mengerti cara yang benar merawat koi dan juga harus tau cara mengobati koi yang sakit.

baca juga tentang budidaya ikan koi

kan koi yang sehat akan tampak aktif apabila diberi makanan dan apabila diamati sisiknya cerah, tidak tampak pengelupasan pada sisik, serta fungsi insang dan mulut yang normal. Bentuk kepala, sirip, tubuh dan ekor juga harus diamati, bila perlu minta riwayat kesehatan ikan dalam satu kolam. Ikan koi normal biasanya memiliki perbandingan antara tinggi dengan panjang tubuh 1 : 3 dengan panjang maksimal mencapai 20-30 cm. Garis punggungnya tidak melengkung dan bentuk tubuh simetris yang memudahkan ikan dalam berenang di dalam air. Sifat alami ikan koi yang tidak bisa hidup soliter(hidup sendiri)  dan membutuhkan teman dalam kolam pemeliharaan sehingga menjadi catatan penting pula bagi calon pembeli untuk memilih ikan koi yang suka menggerombol pada koi lainnya. Ikan koi yang menyendiri mengindikasikan adanya kelainan baik itu penyakit maupun psikis ikan sehingga akan sangat merugikan apabila dipelihara. Apabila ditemukan ikan yang seperti itu sebaiknya pisahkan ditempat kolam yang lain.

baca juga tentang budidaya ikan lele

Copyright © 2018. All Rights Reserved.

Categories: wild

multi

en_USEnglish
fr_FRFrançais en_USEnglish
Skip to content